Koneksi Ke Internet via HP Nokia

Tentu anda sudah membaca banyak artikel tentang menggunakan handphone Nokia CDMA anda sebagai sebuah modem. Artikel ini kemungkinan saya hanya mengulang saja diartikel ini, ya… itung-itung untuk memperkaya isi blog ini. Kali ini saya akan membahas cara untuk menggunakan HP Nokia 2115i, kabel CA-42 dan StarOne sebagai provider ke jaringan internetnya. Sebetulnya settings nya sangat sederhana, tapi tetap saja membuat saya kebingungan ketika pertama kali membuat perangkat ini sebagai modal untuk mengelola blog-blog saya.

Peralatan yang perlu anda persiapkan sebagai berikut:

  1. Handphone Nokia CDMA (boleh memakai GSM, tetapi dalam artikel ini akan dibahas yang CDMA) yang ada modem-nya seperti yang saya pakai seri 2115. Kalau saya dengar 2116 juga bisa.
  2. Kabel CA-42 atau kabel DKU-5. Saya memakai CA-42 karena waktu itu kebetulan sudah ada yang CA-42, ngga usah original. Harga bervariasi antara 25-65 ribu.
    Kabel CA-42
  3. Driver kabel koneksi anda, biasanya disertakan waktu membeli kabel tersebut.
  4. Driver modem Nokia. Saya sampai lupa dulu dapatnya dari mana (keliatannya sih di website mobile-8), tapi anda juga dapat mengunduhnya disini.

Setelah semua peralatan dan driver sudah siap, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Install driver kabel koneksi anda. Caranya sangat mudah, masukkan saja CD bawaan kabel tersebut dan biasanya otomatis akan muncul layar untuk install driver. Kalau tidak ada autorun program, jelajahi isi CD driver tersebut dan klik ganda file setup.exe di root folder CD tersebut dan tinggal ikuti saja langkah-langkah yang ada (biasanya sih tinggal tekan Next terus)
  2. Install driver modem Nokia yang telah anda download. File tersebut bernama nmpCDMA1xRTT.inf. Untuk menginstall driver tersebut:
    • Klik Start - Control Panel menu.
    • Klik ganda ikon Phone and Modem Options.
    • Klik tab Modem lalu klik tombol Add…
    • Dilayar wizard pertama, silang opsi Don’t detect my modem; I will select it from a list, lalu tekan tombol Next.
      Don't Detect Modem
    • Dilayar Install New Modem, klik tombol Have Disk, lalu arahkan ke-file nmpCDMA1xRTT.inf (hasil download)
      Choose a Modem
    • Setelah driver tersebut terinstall dengan baik, maka anda dapat melihatnya didaftar dan pastikan anda memilih di Manufacture: Nokia Mobile Phones CDMA2000 1X Data/Fax dan di-daftar model pilih Nokia CDMA2000 1X 3G Packet Data Modem (anda juga bisa memlih Nokia CDMA2000 1X 2G Packet Data Modem, dan saya tidak melihat perbedaan diantara model yang 3G dan 2G). Jika anda di-konfirm masalah signature driver, klik Continue Anyway saja.
    • Jika driver modem sudah terinstall, anda akan melihatnya di-daftar modem.
      Installed modem
    • Untuk menguji apakah modem dan drivernya sudah bekerja dengan baik, klik Modem Nokia CDMA2000 1X 3G Packet Data Modem dan tekan tombol Properties yang terletak agak bawah. Dilayar Modem Properties, klik tab Diagnostics dan tekan tombol Query Modem. Jika anda mendapat pesan semacam dibawah ini, berarti installasi driver dan modem anda sudah bekerja dengan baik dan siap untuk digunakan.
      Modem has been installed
  3. Setelah driver kabel dan modem sudah terinstal dengan baik, sekarang tinggal membuat koneksi baru. Sebetulnya langkah yang diambil persis ketika anda membuat koneksi baru untuk TelkomNet Instan dan sebangsanya:
    • Klik Start - Control Panel, klik ganda ikon Network Connections.
    • Di Network Connections, klik menu File -> New Connection.
    • Di layar wizard, klik Next, pilih opsi Connect to the Internet lalu klik Next.
    • Di layar selanjutnya, pilih Set up my connection manually, lalu klik tombol Next.
    • Di layar selanjutnya, pilih Connect using a dial up modem, lalu klik tombol Next.
    • Di layar selanjutnya, isi nama provider anda, dalam kasus saya ini saya ketikkan StarOne dan lalu klik tombol Next.
    • Di layar selanjutnya, isikan nomor dialnya, biasanya nomor dial yang digunakan adalah #777 termasuk yang dipakai oleh StarOne.
    • Di layar selanjutnya, isi User name dan Password-nya. Untuk StarOne, User name adalah starone dan passwordnya adalah indosat dan jangan lupa ketikkan password yang sama dikotak isian Confirm password. Lalu klik tombol Next.
    • Akhirnya selesai juga, klik tombol Finish.
  4. Sekarang tinggal mendial hasil kerja anda. Klik menu Start - Connect To dan pilih provider anda, kalau di kasus saya, saya pilih StarOne dan klik tombol Dial.

Jika anda sudah terkoneksi dan modem anda terdeteksi terlalu lambat, coba disconnect dulu dan klik kembali StarOne. Klik tombol Properties, klik tombol Configure dibawah nama modem yang anda gunakan, di Modem Configuration,
tombol configure

atur maximum speed ke 115200 atau coba ke speed tertinggi yang ada di dalam pilihan. Dan coba koneksikan kembali.
Atur speed

Menurut pengalaman saya, jika anda memakai StarOne, maka anda harus daftar ke layanan support mereka dulu melalui telepon. Anda bisa memilih Volume base or Time based. Kalau saya memilih Time based dengan rate Rp.75/menit atau Rp.4.500/jam.
Semoga informasi ini sedikit bisa membantu anda.


 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :