Langkah - langkah Menginstall FreeBSD

Langkah Instalasi FreeBSD 4

–Panduan Singkat

Tulisan ini merupakan sebuah prosedur ringkas cara menginstalasi FreeBSD. Tetapi disini ditambahkan fungsi portupgrade -ai (mengganti semua port, dengan konfirmasi), yang memerlukan beberapa konfigurasi lokal dalam file pkgtools.conf. Tujuan uraian ini adalah memakai cvsup.sh && build-world-kernel.sh, dan terbangunnnya sistem yang dapat memberitahu anda apa yang harus dikerjakan kemudian agar instalasi lengkap dengan sedikit usaha. Bagi pemula, sebaiknya pada waktu praktek mengikuti langkah langkah berikut didampingi rekan yang telah terbiasa dengan instalasi FreeBSD. Penjelasan tentang perintah dalam FreeBSD silahkan lihat FreeBSD Handbook. Setelah anda sukses melakukan instalasi FreeBSD, gantilah kernel anda, dan instalasi beberapa port-nya.

Anda perlu perhatikan perintah instant-server dan instant-workstation meta-ports, yang menyatukan layanan yang diperlukan dan aplikasi dekstop. Terutama jika anda mengetik

cd /usr/ports/misc/instant-workstation && make

sistem anda akan menginstalasi berbagai macam software yang bermanfaat secara otomatis.

Dalam uraian ini tidak dijelaskan bagaimana mengubah script yang ada, anda mungkin harus memutuskan mengedit script dalam sistem anda nantinya dan disesuaikan dengan data teknis jaringan komputer anda. Pengeditan script bisa dilakukan dengan mengetik perintah vi namafilenya, setelah muncul filenya barulah anda edit atau isi dengan data teknis jaringan anda seperti nama host, IP address, netmask dll.

Catatan: Perintah $myself dan $hostname, yang dipakai dibawah ini tidak ditujukan sebagai variabel shell sebenarnya. Ketika anda melihat mereka, langsung masukan saja data yang sesuai dengan jaringan komputer anda. Postfix akan memakai variable yang ada didalam file main.cf, ingat – nama variabel dalam posfix (tidak ditulis italic) dan dapat diakses langsung, jadi Postfix dapat melakukan substitusi variabel secara sendiri.

Catatan: File file yang dipakai dalam prosedur ini ditujukan untuk pemakaian umum, dan meliputi berbagai saran. Namun ini belum tentu sesuai atau optimal bagi kebutuhan sistem anda. Akan tetapi cara berikut ini dapat merupakan awal yang baik bagi instalasi sistem anda. Disarankan untuk mendownload file resource bari uraian ini dari http://www.reppep.com/~pepper/freebsd/install/reppep.tgz, kemudian lihat dan sesuaikan dengan kebutuhan anda lalu copikan ke direktori /root/reppep untuk melanjutkan prosedur berikut nya.

Tip: Reboot after finishing each main heading, to make sure you haven’t broken anything too badly. If you break something and don’t notice quickly, fixing the problem gets much harder.

–>

Dasar Instalasi (sysinstall)

  1. Instalasi semua file distribusinya (”Semua source sistem, binari dan sistem X Window”).
  2. Instalasi koleksi port.
  3. Konfigurasi network.
  4. Tambahkan :
    • bash
    • cvsup
    • ispell
    • kde
    • mozilla-gtk
    • portupgrade
    • rsync
    • samba
    • screen
    • sudo
  5. Catatan: Jika anda ingin setiap user mempunyai group personal-nya (seperti yang ada pada Linux & Panther), buatlah group group baru pertama kali pada saat melakukan sysinstall. pastikan setiap langkah pembuatan account user, tiap user mempunyai group 0 (wheel) member– sebab dengan cara su akan mengalami kurang cocok.

Setup Dasar dan Account

  1. Serial console dibuat enable dengan mengetikan : echo "-hD" > /boot.config tekan enter.
  2. Bila anda tidak melakukan itu pada terminal serial didalam sysinstall, lakukan sekarang dengan cara mengetikan : echo 'ttyd0 "/usr/libexec/getty std.9600" dialup on secure' >> /etc/ttys lalu tekan enter.
  3. Ketikan: visudo # uncomment full access for %wheel lalu tekan enter.
  4. Ketikan: cd /root && ftp http://www.reppep.com/~pepper/freebsd/install/reppep.tgz && tar xzf reppep.tgz && ls -lt reppep kemudian anda tekan tombol enter, ambilah file file tambahan yang disarankan berikut patch-nya, dan bukalah pada untuk direktori /root/reppep — bila anda punya patch local, buka jugalah file file itu untuk patch lokal anda.
  5. Jika anda punya pacth lokal, bukalah file file itu dengan cara mengetikan. tar xzf local.tgz && ls -lt reppep tekan enter.
  6. Ketikan: patch /etc/ssh/sshd_config /root/reppep/sshd_config.diff tekan enter.
  7. Instalasilah file kernel anda dan tetapkan konfigurasinya dalam direktori /usr/src/sys/i386/conf.
  8. Ketikan: cd /etc && cp /root/reppep/make.conf . && cat /root/reppep/rc.conf* >> rc.conf && vi resolv.conf rc.conf make.conf && egrep -v ‘(^$|^#)’ rc.conf | sort | more # tuliskan semua konfigurasi jaringan komputer anda pada file rc.conf.local; pastikan tidak ada variabel yang anda tuliskan dua kali didalam file rc.conf.
  9. Ketikan: mkdir -p /home/ports/distfiles && cd /usr/ports && rmdir distfiles && ln -s /home/ports/distfiles # preserves ports across rebuilds
  10. Ketikan: mkdir -p /usr/sup && cp /root/reppep/cvsupfile /root/reppep/periodic.conf /root/reppep/ntp.conf /etc && cp /root/reppep/refuse /usr/sup && vi /etc/cvsupfile /etc/ntp.conf /usr/sup/refuse
  11. Ketikan: mkdir -p ~root/bin ~root/log
  12. Ketikan: cd /root/reppep && cp build-world-kernel.sh cvsup.sh /root/bin && chmod u+x /root/bin/*.sh && rehash
  13. Ketikan: patch /usr/local/etc/pkgtools.conf /root/reppep/pkgtools.conf.diff

Mengubah Source, Kernel dan World (dengan tipe terbaru, lakukan secara periodik)

Catatan: Rekomendasi dari FreeBSD ada di http://www.freebsd.org/doc/en_US.ISO8859-1/books/handbook/makeworld.html, walau agak susah tetapi secara teori cukup aman. Jika anda masih kurang jelas dg apa yang anda lakukan disini ataupun dengan mengikuti langkah dari situs tadi, bacalah prosedur yang tertulis didalam Handbook FreeBSD.

Peringatan: Langkah ini muda merusak sistem anda, atau mengunci anda sendiri, ketika melakukan perubahan kernel atau world. pastikan anda memiliki akses console (PS/2-style atau serial) sebelum melakukan perubahan.

  1. cvsup.sh # mengubah dasar FreeBSD yaitu source (kernel & world), dan pohon port; tidak akan berpengaruh terhadap port yang telah terinstall
  2. cd /usr/src && mergemaster -p # mergemaster akan membutuhkan banyak waktu, sehinga akan lebih b aik melakukannya sebelum sistem down.
  3. build-world-kernel.sh
  4. make installkernel
  5. shutdown -r now
  6. Pembuatan kernel baru.
  7. shutdown now # single-user
  8. cd /usr/src && make installworld
  9. mergemaster
  10. shutdown -r now
  11. Editlah tiap file konfigurasi tambahan ang ada dalam direktori /etc or /usr/local/etc.
  12. Ujilah sambungan komputer anda ke jaringan dan firewal-nya (mungkin memakai perintah ipfw list).

Catatan: Jika anda memakai bagian ini sebagai panduan dalam pengubahan sistem yang sedang beroperasi, dan bukan sistem yang baru anda buat, jangan lupa lakukan perintah portupgrade -ai pada saat kernel & world yang baru anda buat sudah selesai dikerjakan..

Mengkonfigurasi BIND

  1. cd /etc/namedb && sh make-localhost && mv named.root named.root.old && dig @m.root-servers.net. ns . > named.root && vi named.conf && grep named /etc/rc.conf # konfigurasikan domain promer dan domain slave & instalasilah file file zona; bisa dilihat dengan menyetel opsi named_enable="YES"
  2. Catatan: Konfigurasi BIND disini dioperasikan sebagai root tanpa partisi pengamanan khusus. Situs http://www.freebsd.org/doc/en_US.ISO8859-1/books/handbook/network-dns.html memberikan instruksi untuk menjalankan BIND dalam sebuah kondisi chroot, dan BIND mungkin juga dioperasikan dalam kondisi jail. Kedua opsi tersebut cukup melindungi BIND dari serangan, dan bisa anda pertimbangkan, tetapi tidak akan dijelaskan dalam uraian ini.

Instalasi Port

  1. cd /usr/ports/lang/perl5.8 && make install && rehash && use.perl port && perl --version
  2. portupgrade -a && portversion |grep -v = # mencoba mengubah apa saja.
  3. portinstall analog cronolog curl docproj-nojadetex htmldoc lsof lynx-ssl minicom netatalk nmap nut procmail webmin apache2 squirrelmail p5-Mail-SpamAssassin drac imap-uw postfix && rehash # customized or perl-based
  4. cd /usr/local/etc && cp smb.conf.default smb.conf && vi smb.conf # disini pasword enkripsi diset enable, lalu melakukan disable terhadap local master, dan disable printer; Disini juga dituliskan pembatasan akses dari IP seperti yang dituliskan dalam firewall yang ada dalam file smb.conf, sehingga semua program terkontrol melalui file yang sama.
  5. echo "- -noddp -passwdminlen 6 -loginmaxfail 6 -uamlist uams_dhx.so" >> /usr/local/etc/afpd.conf
  6. cd /usr/local/etc/rc.d && patch netatalk.sh /root/reppep/netatalk.sh.diff # disable atalk, pap, & nbp
  7. mkdir -p /var/log/samba && cd /usr/local/etc/rc.d && cp netatalk.sh.sample netatalk.sh && cp samba.sh.sample samba.sh
  8. Konfigurasikan XFree86 (disini tidak akan dijelaskan lebih rinci) lihatlah situs http://www.freebsd.org/doc/en_US.ISO8859-1/books/handbook/x-config.html.
  9. Sekali XFree86 bekerja, pasti anda ingin menginstalasi KDE secara otomatis pada saat boot, coba lakukan perintah berikut : echo 'ttyv9 "/usr/local/bin/kdm" xterm on secure' >> /etc/ttys, or use KDE with startx: echo exec startkde > ~/.xinitrc

Mengkonfigurasi Mail

  1. cd /etc/mail && mv mailer.conf mailer.conf.sendmail && cp /root/reppep/mailer.conf .
  2. cd /usr/local/etc && cp /root/reppep/procmailrc . && vi procmailrc
  3. patch /etc/inetd.conf /root/reppep/inetd.conf.diff && patch /etc/pam.conf /root/reppep/pam.conf.diff # for imap-uw
  4. vi /usr/local/etc/mail/spamassassin/local.cf # customize SpamAssassin
  5. echo localhost > /usr/local/etc/dracd.host && /usr/local/etc/rc.d/dracd.sh start
  6. vi /etc/aliases && newaliases # forward for $myself & root
  7. Jika memakai Postfix Virtual Host, editlah dengan cara ketikan: vi /etc/mail/virtual && postmap /etc/mail/virtual
  8. cd /usr/local/etc/postfix && cat /root/reppep/main.cf.* >> main.cf && vi + /usr/local/etc/postfix/main.cf && postfix stop ; killall sendmail ; postfix check && postfix start && sleep 1 && tail /var/log/maillog
  9. cd /usr/ports/mail/imap-uw && make cert && chmod -x /usr/local/certs/imapd.pem # follow prompts
  10. Bila diinginkan port terpasang lakukan: portinstall -f mysql-server # -f to get around the hold in pkgtools.conf

Mengkonfigurasi Apache & SquirrelMail

  1. mkdir -p /var/log/httpd /home/httpd && mv /usr/local/www/data /home/httpd/htdocs && mv /usr/local/www/cgi-bin /home/httpd && cd /usr/local/etc/apache2 && patch httpd.conf /root/reppep/httpd.conf.diff && touch vhost.conf
  2. Either apply a local patch (patch httpd.conf /root/reppep/httpd.conf.diff.local), or vi httpd.conf (set ServerAdmin & ServerName dan lihatlah securitynya)
  3. apachectl configtest && apachectl graceful
  4. mkdir -p ssl.crt ssl.key && cp /usr/local/certs/imapd.pem ssl.key/server.key && cp /usr/local/certs/imapd.pem ssl.crt/server.crt && vi ssl.???/* vhost.conf && apachectl stop && apachectl configtest && apachectl startssl && apachectl fullstatus # remove cert from server.key & key from server.crt
  5. cp /usr/local/etc/php.ini-recommended /usr/local/etc/php.ini
  6. cd /usr/local/www/squirrelmail && ./configure
  7. Test https://$hostname/mail/.
  8. Menguji Squirell Mail (dg cara mengunencryp IMAP ke localhost) & telnet $hostname imap akan gagal, jika diblok oleh firewall.
  9. Tambahkan plugin tambahan yang anda inginkan untuk SquirrelMail .

webmin

  1. cd /usr/local/lib/webmin/ && ./setup.sh
  2. Visit https://$hostname:10000/
  3. Konfogurasi Webmin: IP Access Control: aturlah “Only allow from listed addresses” to 127.0.0.1 & trusted IPs.
  4. User Webmin: Buanglah semua modul yang tidak diperlukan.
  5. Bila mysql-server terinstalasi didalam server anda, Konfigurasi webmin dilakukan dibawah: Servers.
  6. /usr/local/etc/rc.d/webmin.sh-dist stop # pakailah argumen start nanti, untuk mengoperasikan webmin bila diperlukan.

 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :