Mendaftar Domain .web.id (Gratis)

Dari beberapa permintaan mengenai panduan gimana mendapatkan domain web.id, saya tulis beberapa langkah praktis untuk mendaftar.

Daftar User di register.web.id

Buka halaman http://register.web.id. Jika anda belum memiliki account di register.web.id, lakukan pendafataran terlebih dahulu dengan klik [Register]. Isi formulir dengan benar. Username boleh tidak sama dengan domain yang akan kita daftarkan.

Mendaftarkan Domain Baru

Setelah proses registrasi selesai, login dengan user anda. Dan kerjakan langkah-langkah berikut.

  1. Periksa domain yang akan didaftarkan apakah masih tersedia atau tidak. Masuk ke halaman pemeriksaan domain.
  2. Masukkan domain yang akan diperiksa dan pilih induk domain yang diinginkan (dalam hal ini kita ingin mendaftar domain .web.id)
  3. Jika domain terlah digunakan oleh orang lain, ganti nama domain yang lain. Jika domain masih tersedia, klik tombol [Register] di bawah.
  4. Isi formulir pendaftaran domain dengan lengkap dan benar.
    Name diisi dengan nama anda
    Registrant type: Personal
    Primary server diisi dengan nameserver anda (contoh: ns1.myhosting.com). Jika belum memiliki nameserver bisa diisi sembarang dulu, bisa diubah di kemudian hari.
    Net Address diisi dengan IP address nameserver anda.
  5. Setelah semua formulir diisi dengan benar, klik tombol [Register]

Langkah selanjutnya adalah upload dokumen

Upload Dokumen

Untuk melakukan upload dokument, klik menu [Document Management], dan klik tombol [Create] untuk upload dokumen baru.

Pada halaman Document Submission:

  1. Pilih domain yang telah didaftarkan (belum disetujui)
  2. Pilih dokument type dengan KTP atau SIM (sesuai dengan dokument yang akan diupload)
  3. Document number diisi dengan nomor KTP atau SIM (contoh: KTP#11.1234.010171.0064)
  4. Browse file hasil pindaian (scan) KTP atau SIM
  5. Klik [Submit] untuk mengirim dokumen

Selesai

Pendaftaran domain web.id selesai. Silakan tunggu beberapa waktu untuk mendapatkan persetujuan dari DepKomInfo. Domain saya dalam waktu kurang dari 24 jam disetujui. Namun teman saya yang butuh waktu satu minggu baru disetujui, tergantung dari kesibukan petugas DepKomInfo.

Setelah domain disetujui, maksimal butuh waktu 1x24jam untuk bisa mengakses domain baru kita. Lamanya waktu tergantung waktu sinkronisasi domain baru dengan pengelola domain internasional.

Setelah domain baru selesai dibuat, tinggal setting nameserver di komputer server / shared hosting. Setting di komputer server bisa lihat dokumentasi dari masing-masing OS. Sedangkan untuk shared hosting, bisa lihat manualnya di masing-masing hosting provider.

Selamat melakukan registrasi di domain web.id



ATAU


Saat ini kepengurusan domain tingkat negara id (indonesia) dipegang oleh pemerintah pada Departemen Kominfo. Depkominfo belum memutuskan harga untuk semua domainnya dan saat ini tidak mengenakan biaya untuk pendaftara domain baru. Domain berakhiran .id gratis yang paling mudah didapatkan oleh perseorangan adalah domain .web.id. Cara cukup mudah dan tidak memerlukan biaya.

Untuk mendapatkan domain gratis tersebut anda diwajibkan membuat account baru pada situs registrasi cctld-id. Setelah anda membuat account anda dapat meregister domain .web.id yang anda inginkan. Kemudian siapkan dokumen pendukung seperti file image scan KTP/SIM/Paspor anda yang masih berlaku dan menguploadnya ke situs pengelola cctld-id. Setelah itu anda tinggal menunggu domain anda diaktifkan oleh pengelola.

Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh meregister domain yang mengandung unsur pornografi, kejahatan, nama kota, nama daerah, dll. Domain yang anda daftarkan tidak mengikutsertakan hosting, di mana anda harus mencari tempat menaruh file html anda yang dapat diakses orang lain sendiri. Anda bisa mendapatkan web hosting gratis yang dapat menerima domain .web.id anda di www.dd.am, www.ahbhost.com, www.arroways.com, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda tidak hanya dapat meregister .web.id karena anda juga bisa mendaftar domain lain seperti .or.id .co.id .net.id dan lain-lain jika anda dapat memenuhi persyaratannya. Untuk mengisi Domain Name server saat pendaftaran anda dapat mananyakannya ke tempat webhosting anda. Biasanya DNS terdiri dari 2 address. Setiap web hosting memiliki DNS masing-masing yang berbeda. Untuk Name server address (NS address) anda dapat menanyakan juga di tempat hosting anda atau mengeceknya di www.dnsstuff.com secara gratis. Selamat mencoba.

Kunjungi situsnya : https://register.net.id


 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :