Mengembalikan File Yang Disembunyikan Virus

Suatu saat flashdisk saya terkena virus. Semua file yang berekstensi *.doc hilang entah kemana. Hingga menimbulkan kedukaan yang mendalam di hati saya (bahasanya biasa aja dooong).

Singkat cerita, virus di flashdisk saya berhasil dibersihkan. Tetapi saya masih kehilangan file-file yang penting. Tapi mau bagaimana lagi? Rencananya roh-roh file yang hilang tersebut akan dihadirkan lagi menggunakan program file recovery, tapi belum sempat dilaksanakan. Masih kurang sesajen.

Surprise!! Saat flashdisk saya dibaca oleh komputer kawan, rupanya file2 tersebut terbaca. Hanya saja di-hidden. Berita gembira, rupanya file2 tersebut dibuat tidak tampak oleh virus. Padahal hampir saja saya menghubungi komisi orang hilang atau kontras.

Ketika file tersebut ingin saya pulihkan dari status hidden, saya klik kanan – properties, rupanya file tersebut ter-deep freeze hidden, dalam kata lain tidak bisa dipulihkan hiddennya. Waduh…Tampaknya file-file yang disembunyikan itu dibuat menjadi file system oleh virus.

Kemudian, saya setting computer saya agar bisa membaca file yang hidden, melalui tools\folder options\view di windows explorer. Tapi rupanya belum terbaca juga. Saya un-check ‘Hide protected operating system files’, tetap tidak terbaca. Keanehan terjadi, rupanya setelah saya klik tombol OK, item tersebut kembali checked. Entah kenapa. Jangan-jangan, computer saya masih ada virusnya????

Akhirnya saya pakai cara bodoh (sebenarnya, karena saya merasa bodoh, maka cara apa pun yang saya lakukan tetap namanya cara bodoh. Huh… menghina diri sendiri). Saya pinjam komputer kawan saya itu, lalu saya buka file yang hidden. Kemudian saya save-as dengan nama yang lain (file yang terbaru tidak hidden). Lalu file yang hidden itu saya delete.

Capek juga. Ada lumayan file bertipe doc di flashdisk saya. Hhhh….

Akhirnya saya tanya teman, bagaimana caranya agar file yang ghaib itu bisa pulih. O la la, rupanya dia tahu. Caranya seperti ini:

1.Buka command prompt.
2.Tuju folder yang memuat file yang mati suri.
3.Lalu ketikkan attrib –s –h *
4.Berhasil.

 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :