Mengenal Macam Macam Virus Komputer

Dalam sejarah perkomputeran dunia, yang namanya virus memang sangat menyebalkan. Meski awalnya hanya dibuat untuk menarik perhatian kita, virus modern yang diset dengan teknologi canggih, bisa membuat pengguna seluruh dunia histeris. Contohnya terlihat ketika virus Mydoom worm menginfeksi hampir seperempat juta computer di dunia tahun 2004 lalu. Antivirusnya langsung jadi program internasional. Hal yang sama terjadi saat virus brontox ngerepotin banyak orang beberapa tahun silang.

Dalam perkembangan sampai sekarang virus dan keluarganya terdiri dari empat jenis yaitu :

1. Virus adalah bagian terkecil dari software yang mengganggu sebuah program. Biasanya virus didesain untuk melakukan gangguan yang simple, misalnta attach otomatis pada sebuah program dan menyebar saat program lain dijalankan. Gangguan yang timbul sebenarnya tidak berbahaya. Namun bila tidak segera diatasi, virus akan mengganggu kinerja computer.

2. E-mail virus. Sebenarnya adalah virus yang berbentuk email. Modus operandinya melalui email. Bila ada computer yang terinfksi, computer akan mengirimkan e-mail bervirus ke beberapa alamat email yang tersimpan dalam inbox email pengguna. Bila email dibuka oleh penerima, maka komputernya kan terserang juga.

3. Worm adalah bagian kecil dari software yang bekerja pada system jaringan computer. Biasanya worm digunakan orang untuk mereplika system pertahanan sebuah computer untuk nantinya digunakan sebgai kunci pembuka system pertahanan itu sendiri. Virus jenis ini sring kita jumpai dalam film teknologi.

4. Trojan Horseadalah sebuah program yang mengklaim dirinya sebagai sesuatu hal yang menarik. Misalnya sebuah game. Namun , bila program ini dibuka akan muncul ratusan parasit yang akan menghapus memori di hardisk kita.

Untuk menghindari infeksi virus dibuatlah beberapa program antivirus. Tapi jangan terlalu percaya pada program ini. Karena ada jutaan virus yang lahir tiap hari. Jadi, cara paling aman adalah jangan buka file sembarangan,terutaama yang didapat dari email dan situs porno.

 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :