Mempercepat Web Server Anda

Web server adalah hal yang paling penting dalam kita menampilkan konten URL yang kita miliki. Terkadang web server terlihat sangat lambat. Kalau aksesnya tidak begitu padat barangkali tidak begitu terasa kelambatan web server kita. Dalam kesempatan ini, akan kami tampilkan bagaimana agar proses web server akan lebih cepat, dengan melakukan tuning dan penambahan install penunjang.

Untuk mengetahui kelambatan dan penanganan yang tepat, kita perlu terlebih dahulu melakukan pengecekan sebagai berikut :

1. Web Server apa yang kita pakai ?
2. Bahasa pemrograman apa yang kita pakai ? misalnya : Perl, PHP, Python, C atau HTML
3. Data base apa yang kita pakai ?

Apache
Untuk melakukan tuning apache, yang perlu kita ketahui juga adalah modul apa yang kita pakai sekarang ini ? secara default apache mempunyai beberapa modul yang otomatis terinstall ketika kita memakai Apache.
Misalnya adalah module seperti dibawah ini,

LoadModule env_module modules/mod_env.so
LoadModule config_log_module modules/mod_log_config.so
LoadModule agent_log_module modules/mod_log_agent.so
LoadModule referer_log_module modules/mod_log_referer.so
LoadModule mime_module modules/mod_mime.so
LoadModule negotiation_module modules/mod_negotiation.so
LoadModule includes_module modules/mod_include.so
LoadModule autoindex_module modules/mod_autoindex.so
LoadModule dir_module modules/mod_dir.so
LoadModule cgi_module modules/mod_cgi.so
LoadModule action_module modules/mod_actions.so
LoadModule userdir_module modules/mod_userdir.so
LoadModule alias_module modules/mod_alias.so
LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so
LoadModule access_module modules/mod_access.so
LoadModule auth_module modules/mod_auth.so
LoadModule expires_module modules/mod_expires.so
LoadModule headers_module modules/mod_headers.so
LoadModule setenvif_module modules/mod_setenvif.so
LoadModule perl_module modules/libperl.so

Tentunya apabila ada module yang tidak anda pakai, akan tetapi berjalan di Apache anda, maka akan memakan memori dan akan memperbesar demon Apache yang berjalan.
Periksa sekali lagi kontent anda, dan non aktifkan module yang tidak terpakai.

Kemudian periksa apakah Apache anda merekam setiap transaksi di file acess_log. Kalau iya setting logrotate lognya sepekan sekali. Kalau dirasakan terlalu lama, sehingga size log anda cepat membesar, lakukan lebih cepat lagi.

Kalau web server anda mempunyai akses yang banyak, maka anda perlu memikirkan nilai yang ada di httpd.conf seperti di bawah ini.

MinSpareServers 5
MaxSpareServers 20
MaxRequestsPerChild 150
MaxClients 15
Timeout 60
KeepAlive On
MaxKeepAliveRequests 100
KeepAliveTimeout 15

PHP
Kalau konten anda memakai PHP, maka PHP Accelerator adalah salah satu cara mempercepat web server anda. Menurut percobaan yang dilakukan, PHP Accelerator mampu mempercepat dari 5 sampai 10 kali lebih cepat tampilan web server anda.

Perl
kalau anda memakai perl, maka mod_perl adalah alternatif yang dapat anda pakai untuk mempercepat tampilan script perl anda di web server.

PostgreSQL
Kalau konten anda memakai PostgreSQL maka melakukan vacuumdb setiap hari adalah hal yang akan mempercepat web server anda.
vacuumdb digunakan untuk menghapus sampah, transaksi-transaksi atau log yang tersimpan di postgresql engine, sehingga proses query akan semakin cepat dilaksanakan. Dengan menghapus sampah yang tidak berguna ini, maka beban server pun akan semakin kecil.

MySQL
Untuk mengatur tuning di mysql, ada file /etc/my.cnf yang dapat kita pakai untuk mengatur berapa koneksi maksimum yang dapat dilakukan setiap saat. Berapa besar share atau buffer memori yang harus kita pakai.


 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :