Pilih Netbook Atau Notebook


Dunia gadget akhir-akhir ini di ramaikan oleh pendatang baru, pendatang itu di kategorikan ke dalam Netbook. Anda pasti tahu dengan Asus yang dengan Asus Eee PC nya, yang sangat mungil dan tentunya harga yang miring. Asus Eee PC merupakan salah satu gadget yang masuk kategori netbook. Apa saja ciri-ciri netbook? Pada umumnya performa adalah sebuah perbedaan yang mendasar dari netbook dan notebook. Netbook sejak pertama kali diciptakan untuk mensupport pengguna netbook untuk melakukan aktifitas sehari-hari seperti browsing internet, cek email. Sedangkan notebook yang selama ini sudah kita ketahui kemampuannya setara dengan komputer desktop.

Netbook dan notebook secara fisik dapat dilihat perbedaan pada monitor, netbook berukuran 7 hingga 10 inch, sedangkan notebook memiliki layar lebih dari 10 inch. Dengan ukuran yang kecil, netbook sangat nyaman dibawa kemana-mana kita pergi. Hal lainnya yang membedakan adalah netbook memiliki keterbatasan pada output device, dan netbook pada umumnya tidak memiliki optical drive. Ciri yang lain adalah harga, netbook memiliki kisaran harga $250 hingga $500. Tetapi anda tidak dapat menemukan notebook di bawah $500.

Setelah Asus sukses dengan Eee PC nya, banyak vendor-vendor lain menelurkan produk serupa, untuk vendor lokal seperti Xware dengan Aerisnya, Zyrex dengan Ubud dan Anoa. Untuk vendor luar seperti Acer dengan Aspire One, MSI dengan Wind, serta Lenovo dengan Lenovo S10. Toshiba masih ragu-ragu untuk mengeluarkan produknya, karena dikhawatirkan tren netbook ini hanya sesaat.

Target pengguna netbook adalah orang yang suka duduk berjam-jam di food court atau cafe bahkan restoran yang menyediakan hotspot gratis. Fasilitas wifi dipastikan terdapat pada semua jenis netbook. Dapat dipastikan pengguna netbook yang berjam-jam di cafe atau restoran atau tempat lainnya yang terdapat wifi spot adalah chatting, menulis atau hanya sekedar browsing internet saja, karena aplikasi berat sudah dipastikan sangat memakan sumber daya dan tenanga dari netbook tersebut. Aplikasi-aplikasi ringan yang lazim terdapat pada netbook adalah Chat Messenger seperti Yahoo messenger, MSN Messenger, Gtalk, Skype, browser Mozilla, tak lupa webcam juga tertanam pada jenis-jenis tertentu untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam.

Jadi apabila anda membutuhkan untuk menjalankan aplikasi semacam photoshop, AutoCAD dan aplikasi berat lainnya, netbook bukan pilihannya.

 

About Me

My photo
Presiden Director of : Monopoly Cell Groups, Monopoly Games and Internet Lounge, Monopoly Computer : Hardware, Maintenance and Supply Computer Product, Internet Networking Company, All in Depok City ,--------------------------, Send me Email : Radarmerauke@telkom.net

My Blog Stat :